Mengapa Bisnis Milik Keluarga Bisa Gagal?

Ditemukan fakta bahwa sebagian besar bisnis dealer otomotif di seluruh dunia adalah milik keluarga. Karena itu, ada banyak masalah yang besar tentang perusahaan milik keluarga, terutama mengenai suksesi dan manajemen, yang harus dapat ditangani agar perusahaan keluarga mampu mencapai tujuan yang telah ditentukan.

Autologica menyajikan serangkaian artikel berjudul “Masalah Umum di Bisnis Keluarga” berdasarkan wawancara antara JC Aimetta, seorang ahli dan pelatih yang mengkhususkan diri dalam hal perusahaan milik keluarga, dan Al McClymont, CEO Autologica Sistem Manajemen Dealer (www.autologica.net).

JC Aimetta berusia 46 tahun dan telah mendedikasikan 15 tahun terakhir untuk membantu pemilik dan direksi lebih dari 65 usaha kecil dan menengah milik keluarga dalam mengelola pertumbuhan, profesionalisme manajemen dan mencegah permasalahan suksesi. Dia telah menjadi negosiator dalam konflik keluarga dan dalam penjualan dalam bisnis keluarga. Mr Aimetta adalah dosen pasca sarjana kursus di 3 universitas Argentina, dan telah memberikan konferensi di Panama, Guatemala, El Salvador, Kosta Rika, Kolombia, Ekuador dan Venezuela.

Berikut adalah beberapa pemikiran yang muncul dari wawancara.

Al McClymont: Saya tahu ini adalah permasalahan yang luas untuk diperlakukan dalam waktu singkat, tapi saya harap kita bisa melalui beberapa poin utama. Hal pertama yang saya ingin meminta Anda adalah: Menurut Anda apa alasan utama kegagalan dalam bisnis milik keluarga?

JC Aimetta: Nah, alasan utama adalah bahwa terjadi campur aduk dalam peran pemilik dan manajer. Dengan demikian, akan terjadi banyak kebingungan mana yang berperan pemilik dan mana yang berperan sebagai manajer dan administrator.

Untuk kebanyakan bisnis keluarga peran hanya satu. Oleh karena itu, setiap kali Anda bertanya pada seseorang, Mengapa Anda menjalankan bisnis ini ?, jawabannya adalah: Karena saya pemiliknya. Dan apa yang memberdayakan Anda untuk menjalankan bisnis? jawabannya adalah, hanya karena saya pemiliknya.

Al McClymont: Ini juga penting untuk menganalisis hal tersebut dari sudut pandang manajemen dan operasional, misalnya, ketika putra dan putri pemilik mencapai usia yang tepat bagi mereka untuk bekerja di perusahaan.

JC Aimetta: Nah, apa yang terjadi adalah bahwa generasi baru berkembang dan anak-anak mewarisi gagasan yang sama, dan percaya bahwa mereka dapat mengelola bisnis hanya karena mereka memilikinya. Sebagai anak-anak umumnya lebih, dua, tiga, empat … sebuah perusahaan tidak boleh memiliki empat manajer. Dan pada saat inilah akan muncul kebingungan.

Satu hal yang perlu diingat adalah bahwa dalam jangka panjang keluarga selalu tumbuh lebih dari perusahaan. Dengan kata lain, ada lebih banyak orang yang berniat untuk hidup dari bisnis yang tidak tumbuh secepat keluarga. Apalagi jika kita juga mempertimbangkan mertua atau menantu yang kadang-kadang, namun tidak selalu, ingin turut serta bekerja dalam bisnis keluarga, konflik bisa saja timbul. Selain itu, kita harus ingat bahwa evaluasi pekerjaan pasti akan diputuskan di bawah parameter emosional. Artinya, setiap kali akan mengevaluasi seorang kerabat, akan sangat sulit untuk menghukum jika kinerjanya buruk.

Singkatnya, sebuah bisnis milik keluarga harus mampu memelihara keseimbangan antara kebahagiaan, efisiensi, profitabilitas dan kasih sayang. Ketika bisnis mulai tumbuh, pemilik harus mampu menerapkan keseimbangan semua sisi. Karena tidak mungkin untuk secara bersamaan mencapai keuntungan maksimum dan kebahagiaan maksimal, dan membuat seluruh kebahagiaan keluarga tumbuh bergantung pada satu bisnis tertentu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

      jasa seo bergaransi

      Com adalah perusahaan Jasa SEO yang memberi harga termahal dan termurah serta berkualitas, terpercaya dan bergaransi bukan cuma 

      www.anoragamitraastama.com

      Karunia Liftindo menyewakan Forklift BARU 100%, Diesel, Battery, Reach Truck

      cunca wulang

      Sebagai alternatif, ada Cunca Wulang, air terjun di Flores. Lokasinya 1 jaman dari Labuan Bajo. Surga tersembunyi yang tergolong masih